5 Tempat Belajar Financial Planning Yang Asyik dan Edukatif

Sejak saya bersemangat belajar mengenai financial planning maka mulailah saya mengenali berbagai sumber yang bisa dijadikan panduan belajar. Selama ada paket data untuk gugling, semua hal yang ingin diketahui akan lebih mudah dicari. Kebetulan ada beberapa sumber belajar yang saya ikuti untuk belajar mengenai financial planning/perencanaan keuangan. Gampangnya kalau kamu pengen tahu berbagai hal terkait uang seperti bagaimana biar bisa menabung, pengen bisa mewujudkan impian punya rumah atau naik haji, mendapatkan passive income, seperti apa sih investasi itu, coba cek ke beberapa tempat belajarku ini ya…

1. Prita Ghozie

Prita Hapsari Ghozie adalah seorang dosen, financial planner dan CEO ZAP Finance Consulting. Ulasan sehari-hari yang dibawakan dengan ceria tentang uang, bisa kita pelajari melalui Instagram, Facebook, atau Youtube yang dikelola ZAP FInance.

Bagi saya, bahasan yang menarik dari pemikiran Prita atau melalui akun Zap FInance adalah mengenai perencanaan keuangan terutama mengenai metode mengalokasikan gaji/pendapatan untuk memenuhi kebutuhan keuangan setiap bulannya. Sangat bisa diikuti dan metode yang ditawarkan tersedia mulai bagi yang mau memulai mengelola keuangan hingga yang sudah mulai mumpuni.

2. Felicia Putri Tjiasaka

Sosok anak muda milenial asal Pontianak ini saya rasa paham banget cara berinvestasi dan mengajarkan banyak hal mengenai literasi keuangan yang ditujukan pada sesamanya. Felicia bisa ditemui melalui Instagram dan Youtube. Bagi pecinta belajar ringkas dengan cara menghibur ala hiburan jaman now, Filicia juga membuatkan akun Tiktok.

Poin yang membuat saya dulu tertarik awalnya pada bagian cara berinvestasi melalui reksadana untuk mengoptimalkan dana darurat di samping saham melalui youtube. Penjelasannya mudah dipahami dan ringkas. Jadi yang dijelaskan adalah satu bagian saja. JAdi pendek-pendek.

Meski sepertinya akun ini lebih banyak ditujukan pada kaum muda milenial yang sudah berpenghasilan baik yang sudah atau belum menikah ibu-ibu seperti saya pun bisa banget belajar dari yang disampaikan Felicia ini.

Baca juga: Brainstorming Mengelola Keuangan Keluarga

3. Melvin Mumpuni

Awalnya tahu Melvin ini justru dari aplikasi fintech yang dia buat yaitu Finansialku. Kepincut banget dengan aplikasi itu karena isinya lengkap. Tidak hanya seputar pencatatan cash flow bulanan tapi juga perencanaan keuangan serta tersambung langsung dengan para financial planner di sana. Sayangnya, tidak semua fasilitas itu digunakan jika tidak upgrade premium dengan membayar sekitar Rp 350 ribu per tahun. Karena isinya lengkap, kapasitas aplikasi ini juga cukup besar, 40MB.

Tapi jangan khawatir, ilmu Melvin sebagai financial planner bisa dipelajari baik melalui web, Instragram mau channel Youtube. Selain itu, Finansialku juga bisa diakses melalui web, Instagram, dan Youtube.

4. Raditya Dika

Kalau nama ini, nyaris semua orang kenal ya sebagai aktor dan entertainer. Tapi sebagai entertainer yang menerapkan financial planning alias praktisi keuangan, pengalaman Raditya Dika ini bagiku inspiratif dan keren sekali. Dari salah satu obrolan melalu IG Live saat dia diundang @ngertisaham, saya baru tahu di usianya sekarang, dia sudah selesai menyiapkan dana pensiun! Tentu kalau bicara dana pensiun yang sudah selesai, dana darurat atau dana pendidikan pasti sudah terlampaui. Bagi yang sudah belajar piramida prioritas keuangan, pasti paham dimana posisi dana pensiun.

Channel Youtube Raditya Dika ini banyak banget isinya namun yang bahas seputar keuangan, bisa lihat di sini, sini, atau ini. Setidaknya kita jadi tahu pengalamannya berkaitan dengan uang dan perencanaan keuangan. Menurutku bagus sih, seorang entertainer muda yang sudah menyiapkan seperti yang dia lakukan saat masih jaya.

Baca juga: Saham untuk Pemula, Bagaimana Memulainya

5. Sikapi Uangmu dari OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga pengawas industri jasa keuangan yang berfungsi melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat juga menyediakan website, Facebook, Instagram, dan Youtube. yang berisi mengenai literasi dan inklusi keuangan untuk segala usia mulai anak hingga dewasa.

Dari semua ini, mana saja yang biasa teman-teman ikuti untuk belajar keuangan? Boleh juga sharing loh, pada siapa saja kalian belajar financial planning yang menurutmu bagus dan edukatif pada kolom komentar ya 🙂

Facebook Comments