barang wajib dibawa

Hari ke-9: 6 Barang Wajib di Tas, Apa Saja?

Tas, bagi fungsional sepertiku, adalah tempat untuk menampung aneka barang yang menjadi kebutuhan pribadi. Jadi fungsi tas tidak bisa semata sebagai aksesoris. Kupikir, apa guna tas tapi tidak bisa menampung semua barang wajib yang kita butuhkan?

Pilihan jenis tas yang mengakomodasi kebutuhanku adalah tas backpack/ransel, tote bag, dan shopper bag. Jenis besar yang cukup untuk menampung barang-barang berikut ini:

1. Dompet

Barang wajib yang setiap keluar jauh dari rumah harus dibawa. Isinya standar aneka kartu penting seperti KTP, ATM, NPWP, dan kartu BPJS. Selain itu untuk wadah uang koin dan kertas.

2. Handphone

Hari gini siapa pun pasti tidak tenang kalau tidak membawa HP. Ibarat orang masa Jawa dulu yang tidak membawa keris saat bepergian. Jika disuruh memilih antara dompet dan HP, pasti pilih membawa HP daripada membawa dompet. Dengan HP, bisa meminta tolong untuk mengantarkan dompet yang tertinggal. Tapi kalau HP yang tertinggal, tidak mungkin pakai telepati kan ya?

3. Kantong Kain

Satu benda khusus yang jika keluar rumah untuk berkegiatan agak lama, rasanya akan kehilangan sekali jika tidak membawanya. Kantong ini seperti kantong ajaib Doraemon karena isinya memenuhi kebutuhan pribadiku.

Isi kantong ajaib, serba ada

Di sana berisi barang pribadi seperti bedak, lipstik, pantie, dan masker untuk ganti. Juga ada set alat makan dan minum serta sapu tangan kain. Karena aku tidak terlalu bisa menggunakan tusuk gigi, jadi aku selalu membawa benang gigi/dental floss untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan di sela gigi geligi.

Lalu aku juga membawa perlengkapan alat bantu mendengarku yaitu baterai dan wadah khusus. Serta token dan flash disk jika sewaktu-waktu membutuhkan pindah data. Serta satu lagi, sisir hadiah yang tetap kuletakkan di sana karena kadang dibutuhkan untuk merapikan rambut anakku.

4. Hand Sanitizer dan Sabun Cair

Sejak pandemi, dua barang ini menjadi penghuni baru di tasku. Kuletakkan di saku sisi kanan kiri tas sehingga mudah diambil. Hand sanitizer yang kubawa bentuknya kecil dan bisa diisi ulang. Kudapatkan dari paket prokes dari suatu hotel saat menghadiri kegiatan di sana. Juga sabun cuci tangan bekas amenities penginapan. Selama bentuknya kecil dan mudah kubawa, itu yang akan menjadi pilihan untuk dibawa.

Perlengkapan tempur kesehatan baru

Juga aku membawa plastik kecil untuk menampung benda yang telah digunakan.

5. Minyak Kutus Kutus

Minyak ajaib ini berfungsi banyak sekali buatku. Rasanya tidak lengkap jika tidak membawanya. Gunanya macam P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan) karena bisa digunakan untuk lecet karena jatuh, terbentur, terkena pisau/cutter, anti nyamuk dan gatal, dan lain-lain.

Minyak Kutus Kutus Si P3K

Belum lagi kalau perut kembung atau pusing dan ingin muntah, manjur sekali menggunakan ini. Apalagi bepergian dengan anak-anak, sudah seharusnya minyak kelapa campuran dari aneka herbal ini wajib dibawa. Mereka rawan seperti yang kusebutkan tadi.

6. Buku

Setiap keluar, aku dan keluarga mengupayakan membawa buku. Kalau buku yang sedang dibaca di rumah terasa berat, aku tukar dengan buku lain yang ringan ukurannya. Mungkin ini aneh ya, melihat orang masih baca buku fisik di era digital begini. Tapi begitulah, setiap orang punya kebutuhan sendiri-sendiri kan ya?

Jadi, tas bagiku sangat berguna untuk membawa barang pribadi yang sangat dibutuhkan. Saking lumayan banyak, jadi perlu tas yang besar. Dari sekian banyak ini, barang wajib apa saja milikmu yang sama atau bahkan berbeda denganku?

*Tulisan ini adalah rangkaian challenge menulis harian yang diselenggarakan Blogger Perempuan edisi Ramadan 2021

Facebook Comments
Kenalkan saya, Happy Budi :) Dulu pernah ngeblog namun tidak istiqomah. Sekarang belajar menulis lagi :D Menulis ini sebagai bagian merawat ingatan, menebar manfaat, dan bagian dari menikmati hidup. Sebuah persepsi dari seorang Happy. Selamat membaca dan berdiskusi ya :)
Posts created 43

2 tanggapan pada “Hari ke-9: 6 Barang Wajib di Tas, Apa Saja?

  1. Botol minuman dan jajan anak2 wajib ada di tas setiap keluar rumah. Antisipasi kl susah cari toko 😊😊

    1. Wah iya ya, botol minum..aku selalu bawa sebenernya. Saking kemarin pas buka tas emang gak ada botol. Makasih diingatkan ya 🙂
      wkwkwkk biar aman kalau mulut-mulut kecil cari camilan ya, jadi kudu ready stock haahaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas