Bayar Pajak Tahunan Kendaraan? Ke Tokopedia Aja!

Jawa Timur merupakan daerah dengan jumlah kendaraan bermotor terbanyak kedua setelah DKI Jakarta. Potensi pajak kendaraan bermotor (PKB) ini memerlukan inovasi agar tidak lepas sebagai PAD/Pendapatan Asli Daerah. Mengutip informasi dari Dispenda Jatim, institusi ini telah melakukan inovasi agar para wajib pajak mudah membayar pajak tahunan kendaraannya.

Salah satunya melalui Payment Point Online Bank (PPOB) melalui minimarket dan marketplace. Bagiku, fasilitas pembayaran yang memudahkan bagiku penting sekali. Apalagi di masa pandemi begini, sangat berupaya meminimalkan mendatangi titik-titik pembayaran yang mengumpulkan banyak orang dan apalagi pakai antre panjang lagi. Tapi memang malas adalah jalan ninjaku.

Bulan lalu, aku mencoba fasilitas pembayaran kendaraan bermotor tahunan melalui Tokopedia untuk membayar pajak mobil. Ini adalah pengalaman pertamaku membayar menggunakan marketplace. Ternyata mudah, cepat, aman, dan sah loh

Caranya pun mudah.

  1. Buka Tokopedia dan klik “Lihat Semua”
  2. Pilih “Pajak” lalu “E-Samsat”
  3. Tandai daerahnya
  4. Lalu isikan pilihan daerah, Nomor Polisi, Nomor Mesin, dan NIK

Baca juga: Ganti Plat Nomor 5 Tahunan ke Samsat Kota Malang di Masa Pandemi

Setelah kuisi dan melakukan pembayaran dengan internet banking lalu aku mendapat SMS yang berisi link untuk mengunduh e-STNK. Kita bisa menyimpannya di ponsel dan tunjukkan pada polisi saat ada pemeriksaan atau jika merasa ingin lebih aman, tinggal mencetak sendiri lalu memasukkannya di dompet kita. Asyik sekali kan?

Oh ya, ini informasi yang kuhimpun dari teman-teman. Temanku bilang membayar pajak tahunan di Alfamart dekat rumahnya, juga akan menerima link SMS untuk mengunduh e-STNK dan berbiaya Rp 5.000 untuk administrasi.

Tetap sama-sama mudah kan ya? Hanya kalau ke minimarket begini, harap tahan diri untuk tidak beli-beli ini itu ya…Yang belum bayar, selamat membayar pajak tahunan kendaraan Anda 🙂